Bikin Bangga, Kain Endek Bali Dipakai dalam Koleksi Dior Teranyar


 Kain Endek Bali jadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi baju Spring/Summer 2021. Koleksi itu dimainkan dalam Paris Fashion Week pada Selasa sore, 29 September 2020, di Jardin de Tuileries, Paris.

Mitos Sisik pada Ayam Bangkok

"Pemakaian kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior adalah pernyataan yang tinggi pada keelokan serta kualitas kain Endek Bali serta berperan positif pada dunia fashion internasional. Mudah-mudahan ini jadi penyemangat buat warga di Bali ditengah-tengah rintangan COVID-19," kata Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir, diambil dari Di antara.


Hal tersebut dikatakan Duta besar RI selesai melihat Pagelaran Baju Christian Dior untuk sisi dari Paris Fashion Week yang berjalan pada 28 September sampai 6 Oktober 2020, berdasarkan penjelasan tercatat KBRI Paris yang diterima di Jakarta, Rabu (30/9/2020).


Direktur Artistik Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri, memakai kain Endek Bali bukan hanya untuk koleksi pakaian tetapi untuk koleksi tas Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021. Dari seputar 86 design koleksi paling baru Christian Dior, ada seputar sembilan pola kain Endek Bali yang dipakai dalam koleksi terbaru.


Waktu berunding dengan Duta besar Arrmanatha, Chiuri menjelaskan jika ide Christian Dior untuk memakai kain Endek Bali sebab ingin mengusung nilai dari kebudayaan dan karya kerajinan tangan, khususnya oleh beberapa penenun wanita. Berdasar penelitian yang dilaksanakan oleh team Christian Dior, dia menyebutkan kain Endek Bali adalah nilai kebudayaan yang paling sesuai hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior.


Untuk bentuk pernyataan ke beberapa penenun di Bali, Christian Dior merencanakan untuk kelak memberikan wilayah asal kain Endek itu pada merek bajunya. Merek Christian Dior sampaikan penghargaannya ke Pemerintah Indonesia atas suport untuk pemakaiaan kain Endek untuk sisi dari koleksi terbaru.


Pengaturan serta kerja sama di antara antara KBRI Paris serta team Christian Dior dilaksanakan dengan cara erat untuk pastikan pemakaian kain Endek itu sesuai ketentuan budaya serta tradisi Bali. Sesaat, Pemerintah Propinsi Bali minta Christian Dior untuk menghargai hak atas kekayaan cendekiawan (HAKI) kain Endek, serta kain Endek yang dipakai harus asli yang dibuat di Bali.


"Kami memberi animo yang tinggi atas suport serta gerak cepat team Pemercepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu serta Gubernur Bali dan teamnya, hingga Christian Dior mendapatkan suport penuh untuk memakai kain Endek Bali untuk koleksinya," tutur Duta besar Arrmanatha.


Penerapan Paris Fashion Week tahun ini dilaksanakan dalam rasio bertambah terbatas sebab epidemi COVID-19. Kecuali memerhatikan penuh prosedur kesehatan, jumlah undangan untuk pekerjaan peragaan baju bertambah terbatas.


Postingan populer dari blog ini

gamete donors and donor-conceived people

Sisi hipokampus ke korteks untuk penyimpanan periode panjang

Israeli authorizations explain the West Financial institution as Judea as well as Samaria.